Sleman (MA Raden Fatah) – Kantor Kementerian agama kabupaten Sleman mengadakan Latihan manasik haji kemarin Sabtu (24/8) serentak siswa sekolah dan madrasah se-kabupaten Sleman yang dibagi tiap-tiap kecamatan. Siswa MA Raden Fatah turut serta dalam kegiatan tersebut, untuk kecamatan Prambanan bertempat di lokasi lapangan candi Banyunibo Bokoharjo Prambanan Sleman. MA Raden Fatah diikuti oleh siswa kelas X, dan 4 guru pendamping , Syamsul Huda, selaku Kepala Madrasah langsung sebagai pemandu kloter 5 termasuk didalamnya regu MA Raden Fatah.
Acara ini dibuka oleh Drs. Rasyid Ratnadi Sosiawan, M.Si. selaku camat Kecamatan Prambanan, dan diikuti oleh 1725 siswa dari berbagai sekolah dan madrasah baik negeri maupun swasta se Kecamatan Prambanan dan dilaksanakan setengah sehari mulai pukul 07.00 wib hingga 12.00 wib. “Kegiatan ini memberikan pelajaran tentang proses Haji, kepada siswa peserta latihan manasik haji”, ujar Rasyid Ratnadi dalam sambutanya.
Prosesi haji syarat rukun, dan sunnah-sunnahnya dilaksanakan dengan baik meskipun hanya dilakukan singkat, namun cukup memberikan gambaran pada siswa yang mengikuti, mulai dari memakai ihrom, wukuf, dan melempar jumroh yang tentunya pernah diterima ketika pelajaran fiqih/agama tentang haji di sekolah atau madrasah. Khutbah dan doa wukuf disampaikan oleh H. Hasan Fansyuri, S.Ag. M.A., Kepala KUA Kecamatan Prambanan. Latihan manasik haji kemarin terlaksana dengan baik dan lancar. (zid)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *